Jumat, 22 November 2013

Penelitian Terbaru!!Tidur Dalalam Kelas Ternyata Bisa Mencerdaskan


Naaaah sekarang sya mau sharing informasi penting lagi nih buat para pelajar. Salah satu kebiasan para pelajar termasuk saa adalah tidur di kelas waktu pelajaran. Kalo saya mungkin bisa tiap hari ketiduran di kelas waktu jam pelajaran yaa mungkin lelah juga sama rutinas sekolah ehehe. Ternyata tidur saat pelajaran berlangsungga ada ruginya loh niih penelitian terbaru menyatakan bahwa tidurdi kelas itu bisa mencerdaskan loh, ko bisa ya ?yuuk kita liat nih infonya :)


Sebuah penelitian baru mengungkap bahwa tidur dalam kelas itu setelah belajar itu menceerdaskan. Penelitian baru tidur dalam kelas ini, diungkapkan dalam sebuah studi yang telah dipublikasikan dalam jurnal Public Library of Science One. Tim peneliti dari University of Notre Dame, Indiana, menemukan sebuah fakta bahwa tertidur setelah menerima pelajaran di kelas membuat sistem pencernaan informasi menjadi lebih mudah. Mereka melakukan serangkaian uji coba terhadap 208 siswa yang biasa tidur selama 6 jam setiap malam. Mereka memberikan serangkaian pasangan kata yang saling terhubung, seperti api dan asap, atau kata yang benar-benar tidak berhubungan seperti serangga dan kebohongan. Setelah itu mereka diminta menghapal kata-kata tersebut dengan waktu yang berbeda. beberapa mempelajari pada pukul 9 pagi, sementara yang lain pada pukul 9 malam.



Peneliti kemudian menguji kemampuan ingatan mereka dengan waktu istirahat (break) yang berbeda, antara 30 menit, 12 jam hingga 24 jam. Pada 30 menit pertama, hasil yang diperoleh dari seluruh peserta tidak terlalu berbeda, namun setelah break selama 12 jam, termasuk di dalamnya tidur di malam hari, ingatan para peserta mengenai pasangan kata yang tidak berhubungan meningkat cukup baik.

Selanjutnya, para siswa kemudian diberikan waktu istirahat selama 24 jam sebelum akhirnya diberikan tes untuk kedua kalinya. Pada saat ini, mereka yang tertidur setelah mempelajari dan menghapal pasangan kata mendapatkan nilai yang lebih baik dalam kedua kategori.

Dengan demikian, peneliti menyimpulkan bahwa tidur setelah belajar atau menerima informasi baru sangat bermanfaat untuk ingatan seseorang. "Studi kami mengkonfirmasikan bahwa tidur setelah belajar sesuatu yang baru sangat bermanfaat untuk memori," kata Jessica Payne, seorang psikolog yang terlibat dalam studi tersebut .

Naah kita samasama udah baca kaan info penting di atas, ternyata tidursetelah belajar itu bagus buat daya ingat kita terhadap pelajaran yang udah kita baca niih. Jadi ga ada salahnya kalo kita tertidur di kelas asalkan ga terlalu lama juga nih cukup 10-15 menit aja pasti pas kita bangun rasanya seger banget deh badan dan yang pasti ga ketauan sma gurunya iya ga ?hahaha
 Cukup segitu dulu deh info yang bisa saya kasih kalo ada info-info terbaru pasti sya langsung posting deh. Terimaksih buat yang udah baca :)

Sumber : http://www.unikbaca.com/2013/09/penelitia-terbaru-tidur-dalam-kelas.html

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blog Template by YummyLolly.com